Visa Work and Holiday Australia

Apa Bedanya Dengan Tourist Visa atau Work Visa?

Kalau Work Visa ditujukan untuk para profesional mencari pekerjaan secara resmi di Australia dan Tourist Visa ditujukan untuk berlibur saja tanpa boleh bekerja, Visa Work And Holiday memungkinkan warga Indonesia yang memenuhi syarat untuk berlibur di Australia sambil bekerja (secara resmi) untuk mendanai perjalanan liburan mereka selama maksimal 1 tahun.

Siapa Saja Yang Bisa Mendapatkan Visa Work And Holiday?

Semua WNI berusia 18-30 tahun dan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Kedutaan Australia. Semua persyaratan telah dituliskan lengkap, harap dibaca secara cermat.

Tips: ikuti semua permintaan dari kedutaan, jangan ditawar. Cek ulang dokumen mana saja yang butuh legalisir dan translasi Bahasa Inggris. Kalau ragu-ragu, jangan segan bertanya lewat email ke pihak kedutaan mereka lebih tahu.

Apakah Saya Diperbolehkan Untuk Belajar atau Mengambil Khursus ?

Boleh. Selama itu adalah kursus singkat yang tidak lebih dari empat bulan.

Apakah Ada Batasan Dalam Bekerja?

Berbeda dengan Student Visa yang hanya diperbolehkan bekerja selama 20jam/ minggu, untuk Visa Work And Holiday tidak ada batasan jam kerja, namun kita hanya bisa bekerja maksimum enam bulan pada satu perusahaan selanjutnya harus mencari pekerjaan baru.

Apakah Saya Bisa Submit Aplikasi Visa Ini Kapan Saja?

Tidak ada waktu khusus untuk submit aplikasi visa ke Kedutaan Besar Australia, tetapi salah satu dokumen yang menjadi syarat utama adalah memiliki Government Support Letter  atau Surat Rekomendasi Pemerintah RI yang diperoleh dari Direktorat Lintas Batas dan Kerjasama Luar Negeri, Direktorat Jendral Imigrasi di Kuningan. Mereka yang akan menentukan kapan dan bagaimana kamu bisa memperoleh surat rekomendasi tersebut.

Benarkah Ada Kuota Untuk Mendapatkan Government Support Letter?

Benar. Itu adalah salah satu perbedaan dari Sub class 462 dan 417. Sejak dibuka pada tahun 2009, pemerintah memberikan kuota sebanyak 100 orang setiap tahun untuk mendapatkan surat rekomendasi tersebut. Namun pada 3 Juli 2012, Perdana Menteri Australia Julia Gillard telah setuju untuk meningkatkan kuota dari 100 hingga 1000 orang. Anda bisa memantau dari website kedutaan Australia untuk cara dan persyaratannya. Surat Rekomendasi ini adalah syarat utama dalam mengajukan visa, tetapi bukan penentu diberikannya visa.

Apakah Saya Harus Punya Dana Sebesar AUD$5000?

Ya dan tidak. Persyaratan dana sebesar AUD$5000 itu gunanya untuk memastikan kamu dapat mencukupi kebutuhan selama tiga bulan pertama di Australia tanpa bekerja atau belum mendapat pekerjaan. Kalau mau aman, ya tentu saja lebih baik kalau kamu punya uang sebesar itu. Kalau tidak punya uang sebanyak itu, kamu bisa menyiasatinya dengan meminjam dan mentransfer sejumlah uang secara berkala selama tiga bulan sebelum proses aplikasi. Kalau tiba-tiba saja di tabungan kita terdapat Rp 40 juta, pemerintah Indonesia dan Australia tentu akan curiga bahwa ini dana pinjaman dan menolak aplikasi kamu.

Apakah Health Insurance Itu Perlu?

Sebenarnya perlu karena biaya pengobatan di Australia sangat mahal. Tetapi ini bukan kewajiban dalam proses aplikasi visa. Jika Anda tidak mampu untuk membeli asuransi kesehatan ketika di Indonesia, Anda bisa membelinya ketika sudah sampai di Australia.

Berapa Lama Proses Pengurusan Visa Ini?

Berbeda untuk setiap orang dan tahunnya.Teman saya yang mendaftar di tahun 2009 bisa mendapat Surat Rekomendasi dan Visa dalam waktu seminggu saja.Pengalaman saya, butuh dua minggu untuk mendapatkan Surat Rekomendasi dan satu bulan hingga akhirnya saya mendapatkan visa tersebut di tangan. Teman saya ada yang sampai 1.5 bulan karena pihak embassy curiga dengan keaslian dokumen yang ia lampirkan. Ada juga yang diminta test TOEFL ulang karena sertifikat yang dilampirkan bukan sertifikat internasional. Jadi, persiapkan semua dokumen yang diminta dengan sebaik-baiknya.

Berapa Lama Visa Berlaku Dan Berapa Lama Saya Bisa Tinggal di Australia?

Kamu bisa masuk ke Australia maksimal satu tahun sejak visa kamu di-granted.Visa tersebut kemudian berlaku satu tahun sejak kedatangan pertama di Australia.Ingat, tidak boleh lebih jika kamu ingin tinggal lebih lama kamu harus keluar dulu dari Australia dan masuk lagi dengan visa yang berbeda.

Apakah Saya Bisa Keluar Masuk Australia Dengan Visa Ini?

Bisa. Visa Work And Holiday bersifat multiple entry, artinya, kamu bebas keluar masuk selama visa kamu masih berlaku. Kalau misalnya ada keadaan darurat di Indonesia, kamu bisa pulang lalu kemudian kembali bekerja di Australia lagi dalam kurun waktu satu tahun.

Apakah Visa Paspor Saya Akan Dibubuhi Stiker/Label Visa Seperti Visa Pada Umumnya?

Tidak.Australia telah menggunakan E-Visa yang terhubung secara elektronik ke data paspor kamu.Jadi kalau kamu sudah memperoleh visa ini jangan panik kalau tidak melihat keterangan apa-apa di dalam halaman paspor.Setibanya di Australia kamu bisa mengecek lewat website VEVO (Visa Entitlement Verification Online). Disitu akan ada segala informasi mengenai data Visa hingga hak dan kewajiban pemegang Visa sebagai catatan untuk employer kamu nanti.

Apakah Saya Harus Mencari Kerja Terlebih Dahulu Sebelum Datang ke Australia?

Tidak.Visa ini memungkinkan kamu untuk datang dan mencari kerja secara langsung di Australia secara legal. Di sana kita dapat membuka rekening bank dan membuat nomor pajak (TFN/Tax File Number) sebagai salah satu syarat utama dalam mencari kerja.

Apakah Nantinya Saya Bisa Bekerja di Bidang Profesional Saya Seperti di Indonesia?

Bisa saja walaupun cukup susah. Sejak awal pemerintah telah menekankan kalau tujuan bekerja dengan visa ini adalah untuk mendanai perjalanan berlibur selama di Australia, bukan untuk tujuan karir profesional. Oleh karena itu jenis pekerjaan yang kita dapatkan seputar pekerjaan part time atau casual yang sifatnya tidak tetap.Batasan bekerja maksimal 6 bulan pada satu perusahaan juga menjadi batu sandungan. Daripada kamu membuang waktu dan uang berusaha mencari pekerjaan di bidang Accounting atau IT, tidak ada salahnya sambil cari pekerjaan di bidang hospitality yang lebih mudah didapat dan bisa membiayai hidup di Australia yang sangat mahal.

Susahkah Mencari Pekerjaan di Australia?

Gampang-gampang susah. Tergantung keberuntungan juga. Bisa dibilang susah karena yang mencari kerja casual tidak hanya kamu saja, melainkan para backpacker dari seluruh dunia. Belum lagi bersaing dengan student dan imigran pekerja keras dari India, Nepal dan Bangladesh. Semakin bagus dan lancar Bahasa Inggris kamu akan semakin mudah mendapatkan pekerjaan. Makanya itu, kami menyiapkan lembaga bimbingan B.Inggris yang di bimbing oleh Native Speaker langsung.Orang Australia cenderung malas untuk mengerjakan pekerjaan kasar karena mereka didukung pemerintah untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.Jadi pekerjaan yang memerlukan keringat dan tenaga ekstra itulah yang bisa kita kerjakan.

Jenis Pekerjaan Apa Yang Akan Saya Dapatkan di Sana?

Jenis pekerjaan sesuai profesimu atau pekerjaan kasar (labour) yang lebih mengutamakan kekuatan fisik daripada keterampilan (skill). Contoh: Wait Staff (pelayan restoran atau cafe), Barista (pembuat kopi di cafe atau coffee shop), Bartender,Kitchenhand (membantu juru masakdalam berbagai pekerjaan dapur seperti mengupas kentang, mencuci peralatan memasak atau membersihkan dapur), Housekeeper dan Room Attendant (menjaga kebersihan apartemen atau hotel), Cleaner (menjaga kebersihan kantor atau pusat perbelanjaan), Farm Worker (bekerja di perkebunan sebagai pemetik atau pengepak buah), General Labourer (warehouse, gardening, construction), Sales dan masih banyak lagi.

Apakah Butuh Sertifikat Khusus Untuk Mendapatkan Pekerjaan Tersebut?

Pada umumnya yang diminta adalah pengalaman, tapi di beberapa jenis pekerjaan memang ada yang meminta sertifikat khusus. Misalnya RSA (Responsible Service of Alcohol) untuk Bartender dan Wait Staff restaurant yang menyediakan alkohol; White Card dan PPE (Personal Protective Equipment) untuk General Labour dan masih banyak jenis lain. Biaya sertifikasi ini cukup mahal, jadi pastikan kamu akan bekerja di bidang tersebut sebelum memperolehnya. Tapi bisa dibilang, pekerjaan yang memerlukan sertifikat akan memberikan upah yang lebih tinggi dari pekerjaan lain.

Bisakah Saya Memperpanjang Visa Work And Holiday Dengan Bekerja di Farm?

Tidak.Itu hanya berlaku untuk pemegang Working Holiday Visa Subclass 417.Mereka bisa bekerja di farm atau di remote area selama 3 bulan pada tahun pertama, baru kemudian visa mereka diperbolehkan untuk diperpanjang hingga setahun berikutnya. Untuk kita pemegang visa 426, hanya bisa menggunakan visa ini satu tahun dan satu kali seumur hidup.

Need Help? Chat with us